Senin, 07 Oktober 2013

Hati-hati dengan China...

Beragam Makanan Palsu yang dapat Kita Temui di Cina

Sudah rahasia umum bahwa Cina memiliki segudang koleksi makanan sintetis yang terlalu mengerikan jika masuk kedalam mulut kita. Buat jaga-jaga siapa tahu kamu suatu saat akan melancong ke Cina dan ingin jajan-jajan disana, tak ada salahnya mengetahui beberapa contoh makanan palsu yang pernah ditemui di negara itu. Ini dia makanan-makanan tersebut.


Kenari Palsu

Langkah pertama dan terbaik agar kita tak menjadi korban panganan palsu ini adalah: Jangan masukan makanan yang baru saja kita temui ke dalam mulut secara langsung. Memotong, menyobek atau membelah makanan-makanan ini untuk melihat apakah dalamannya asli amatlah penting.
Contohnya seperti kacang kenari palsu ini, dengan teganya sang pemalsu memasukan gumpalan semen berlapis kertas untuk menggantikan isi daging kenari yang telah kosong. Kenari palsu ini tak pelak dapat amat berbahaya jika tak sengaja termakan.

Madu Palsu

Madu palsu ini kandungan madu aslinya cuma sedikit, sisanya adalah cairan yang dibuat dari campuran air gula, pemanis gandum, sirup jagung atau beras dan berbagai zat kimia tambahan lainnya.
Madu palsu seperti ini kabarnya bisa tembus terjual hingga ke pasar Amerika Serikat melalui jalur perdagangan India.


Daging Palsu

Ternyata tidak dibutuhkan kepandaian khusus untuk merekayasa daging sapi palsu dari daging ayam atau daging babi.
Cuma 90 menit waktu yang dibutuhkan untuk membuat segepuk daging sapi palsu menggunakan campuran ekstrak daging sapi berkualitas tinggi dan glazing agent (bahan yang biasa digunakan untuk mengkilapkan roti).
Daging palsu ini dapat merusak organ tubuh manusia atau bahkan menimbulkan kanker apabila termakan.

Beras Palsu

Singapura pernah menemukan beras palsu yang terbuat dari limbah pabrik plastik dan kentang. Beras plastik itu datang dari beras yang diimpor dari Cina. Beras palsu ini sulit dibedakan dengan beras asli ketika mentah, namun setelah dimasak, seseorang bisa mengetahuinya karena rasa nasi dari beras ini begitu keras dan kenyal.
"Makan tiga manguk nasi dari beras palsu ini rasanya mungkin sama seperti memakan satu kantung plastik," ujar seorang juru bicara dari Asosiasi Restoran Cina.

Telur Palsu

Tak sulit untuk mengetahui mana telur asli dan mana telur palsu. Coba lemparkan kuning telurmu ke lantai. Jika pecah maka itu asli, tapi jika memantul, tak perlu diragukan lagi telur itu palsu.
Telur alot ini dibuat dari campuran berbagai bahan kimia seperti potassium, calcium chloride, gelatin, paraffin, alginic acid, pewarna buatan dan air.
Semoga saja kamu belum pernah memakan telur seperti ini, karena jika pernah, salah satu tahap pembuataan telur palsu tersebut --yang dapat ditemui di berbagai situs dan blog di Cina-- mungkin akan membuatmu muntah. Karena bahan-bahan diatas harus direbus dengan air khusus. Dan rir khusus yang dimaksud adalah air kencing anak-anak! Dih!
Apa akibatnya jika telur seperti ini dikonsumsi terlalu sering? Kamu akan mengalami kehilangan ingatan atau pikun lebih cepat.

Roti Daur Ulang

Walaupun kita selalu menghargai segala upaya manusia untuk menghemat sumber daya alam dengan melakukan daur ulang, tapi untuk pendaur ulang yang satu ini rasanya cukup pantas untuk dimaki-maki.
Direktur perusahaan roti Shanghai Shenglu Food Company, ditahan karena sebuah skandal cukup besar yang membuat malu pemerintah.
Pasalnya pemerintah meloloskan ijin pemasaran produk roti-roti buatan perusahaan ini yang telah terbukti diolah menggunakan roti lama yang sudah basi. Kasus ini juga menyeret sebagian nama toko supermarket yang dituduh bekerja sama dengan mengantarkan roti-roti yang telah kadaluarsa ke perusahaan tersebut.
Seiring dengan ditariknya lisensi produksi barang dari sang direktur, 32 ribu roti juga ditarik dari toko-toko yang menjual produk roti tersebut.

0 komentar:

Copyright © 2012 Hendra Wiguna All Right Reserved
Shared by Themes24x7