Selasa, 16 Juni 2015

Bank Jateng Latih Mahasiswa UNDIP Penerima PMW Bagaimana Mengelola Usaha

Rabu(17/06), dihari kedua Pelatihan Kewirausahaan bagi menerima Program Mahasiswa Wirausaha UNDIP yang dilaksanakan di "Amanada Hill" Bandungan, diawali dengan pemberian materi dari PSDM Bank Jateng, Pak Wayu Toto. Materi yang disampaikan adalah mengenai Pengelolaan Usaha & Laporan Keuangan Usaha.


Pembicara ke 4 Pelatihan Kewirausahaan dari Bank Jateng Semarang


"Tiap bisnis mempunyai resiko" uajar Pak Wahyu Toto mengawali penyampai materinya kepada peserta PMW 2015.

Belaiu menyampaikan bahwa seseorang mampu menciptakan Usaha untuk selamnya, oleh karenanya harus mampu mnegolah usaha dengan baik sebagai modal kepercayaan dan mintra usaha. Salah satu aspek yang dapat mendorong keberjalanan usaha dengan pengolahan usaha adalah adanya laporan keuangan. Laporan Keuangan Usaha akan menunjukan Neraca, Laba/rugi, Arus Kas dan Analisa Ratio sebagai analisis keberjalanan usaha yang kita jalankan., terutama dalam mengelola Sumber daya yang termasuk didalamnya pencatatan Aset Fisik Usaha, inventory, SDM, Pelanggan dan Mitra Usaha.
"Laporan keuangan awalanya digunakan sebagai alat pencatat, kemudian dengan seiring waktu digunakan sebagai Alat Analisisi suatu usaha. Administrasi keungan sangat penting bagi suatu perusahaan" ujar Pak Wahyu

Laporkan setiap aktivitas usaha termasuk didalamnya laporan Neraca, Laba/rugi, Arus Kas dan Analisa Ratio. Misalnya, Laporan Laba Rugi yang merupakan laporan Karya para pekerja. Bentuk Laporan untuk usaha mikro yang dijalani mahasiswa bisa menggunakan Mic.Excel (cont. Sheet 1...dll).

Mulailah usaha dengan menggambarkan Bussiness Model dengan pendekatan Rantai Nilai dan data material yang diperlukan dan aktor yang terlibat disetiap rantainya. Kemudian pendataan biaya untuk setiap material dan aktor dari masing-masing material, dan susun dalam bentuk laporan keuangan dan neraca.
Bank Jateng memberikan fasiltas kreadit untuk usaha mikro yaitu program Kreadit Usaha Rakyat, Yang kemudian akan ditinjau terlebih dahulu oleh tim analis usaha mikro dari Bank Jateng. Tim ini  akan membantu usaha-usaha mikro dari mulai keungan dan bagaimana membuat laporan keuangan usaha-usaha mikro yang ada.

"Kunci dari membuka suatu usaha adalah Kritis, Kreatif dan Kerja Keras."amanat Pak Wahyu

0 komentar:

Copyright © 2012 Hendra Wiguna All Right Reserved
Shared by Themes24x7