PERBEDAAN MESIN DIESEL & MESIN BENSIN SERTA KEUNGGULAN & KEKURANGANNYA
MESIN KAPAL PERIKANAN
“PERBEDAAN MESIN DIESEL
& MESIN BENSIN SERTA KEUNGGULAN & KEKURANGANNYA”
Disusun
oleh :
Hendra Wiguna
26010312120003
FAKULTAS PERIKANAN &
ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Secara
garis besar, jenis mesin pada kendaraan dibedakan menjadi dua yakni mesin
diesel dan mesin bensin. Meskipun pada dasarnya, baik mesin diesel maupun
mesin bensin adalah sama yakni sama-sama merupakan penggerak pada sebuah
kendaraan, tapi tetap saja ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing
mesin kendaraan tersebut. Hal tersebut kadang membuat kita bimbang dan ragu untuk mengambil
keputusan memilih kendaraan berbahan bakar bensin atau mesin berbahan bakar solar
(diesel), cukup sulit memang. Mungkin kita semua
sudah tahu bahwa jenis mesin yang dipakai pada mobil umumnya ada yang disebut
dengan mesin diesel dan ada yang disebut menggunakan mesin bensin. Lalu apa sih
yang menjadi dasar perbedaan dari kedua mesin tersebut selain dari jenis bahan
bakar yang dipergunakan??? Mungkin agar pemilik kendaraan lebih akrab dengan
kendaraan yang pergunakannya setiap hari.
B. Rumusan Masalah
1. Mengetahui Perbedaan Mesin Diesel
dan Mesin Bensin
2. Mengetahui Sistem kerja Mesin Diesel
dan Mesin Bensin
3. Mengetahui Keunggulan dan Kekurangan
dari Mesin Diesel dan Mesin Bensin
BAB
II
ISI MATERI
A.
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Secara teori, mesin diesel dan mesin bensin sebenarnya mirip.
Semuanya menggunakan sistem
pembakaran dalam (Internal Combustion Engine), yang pada
dasarnya dirancang untuk mengubah energi kimia pada bahan bakar untuk menjadi
energi mekanik.Serkedar tahu saja, ada juga lho sistem pembakaran luar (External
Combustion Engine), contohnya pada mesin uap. Energi mekanik dihasilkan
oleh pergerakan piston yang naik dan turun di dalam silinder. Piston ini
terhubung ke poros engkol(crankshaft),
gerakan naik-turun dari piston, yang dikenal sebagai gerakan linier akan
menciptakan gerakan berputar sebagai tenaga kendaraan. Kedua jenis mesin yaitu
mesin diesel dan mesin bahan bakar bensin menghasilkan energi melalui
serangkaian ledakan kecil atau pembakaran (combustions).
Perbedaan utama antara diesel
dan bensin adalah cara bagaimana ledakan ini bisa terjadi. Dalam mesin bensin,
bahan bakar dicampur dengan udara, dikompresi oleh piston dan dinyalakan oleh
percikan api dari busi. Bedanya pada
mesin diesel, udara dikompresi terlebih dahulu, dan kemudian bahan bakar
dimasukkan dengan cara diinjeksikan kedalam ruang bakar. Karena udara memanas
ketika terjadi kompresi, maka bahan bakar akan terbakar.Mesin diesel tidak
mempergunakan busi untuk membakar bahan bakar, melainkan bahan bakar terbakar
karena suhu dan tekanan yang sangat tinggi.Pada mesin diesel, bahan bakar ini
dipompa menggunakan pompa khusus bertekanan tinggi kedalam ruang bakar secara
langsung oleh injektor.
Sedagkan sistem mesin bensin
yang mempergunakan injeksi, atau bahasa tekniknya Electronic Fuel
Injection(EFI)??? Sistemnya hamper mirip, namun bedanya sangat jauh sekali.
Pada intinya, injektor EFI tidak menghasilkan tekanan injeksi bahan bakar yang
sangat tinggi seperti pada injektor solar diesel.Dan pada EFI, bahan bakar
bensin tidak diinjeksikan secara langsung kedalam ruang bakar.EFI hanya dipakai
mesin berbahan bakar bensin, dimana bahan bakar masih tetap dibakar oleh
percikan api busi.
Motor diesel dan motor bensin
mempunyai beberapa perbedaan utama, bila ditinjau dari beberapa item di bawah
ini, yaitu (lihat Tabel 1)
B.
Sistem Kerja Mesin Diesel dan Mesin Bensin
1. Motor Diesel
Udara yang terhisap ke dalam ruang bakar dikompresi sehingga
mencapai tekanan dan temperatur yang tinggi. Bahan bakar ( fuel ) diinjeksikan
dan dikabutkan ke dalam ruang bakar. Sehingga terjadi pembakaran sesaat setelah
terjadi pencampuran dengan udara.
Gambar 1. Motor Diesel
2.
Motor
Bensin
Udara dan bahan bakar yang tercampur didalam
carburator, terhisap ke dalam ruang bakar dan dikompresikan hingga mencapai
tekanan dan temperatur tertentu. Pada akhir langkah kompresi, busi memercikan
api sehingga terjadi pembakaran.
Gambar 2. Motor Bensin
C.
Keunggulan dan Kekurangan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
a. Keunggulan dan Kekurangan Mesin Diesel
Ø Keunggulan
mesin diesel :
1.Konsumsi bahan bakar lebih efisien
2.Secara umum mesin diesel memberikan
torsi bawah lebih besar dan berguna untuk pengendara saat dimedan OFF ROAD.
Bahkan kebutuhan torsi menjadi penting ketika kita akan menarik kendaraan
dijalan yang rusak atau di jalan non aspal
3.Bahan bakar mudah diperoleh dengan
mudah, baik di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) dalam kota
maupun luar kota
4.Sifat solar atau bahan bakar mesin
diesel tidak terlalu berbahaya karena tidak mudah terbakar jika tersulut
percikan api
5.Tidak gentar berkendara dibawah
siraman air hujan lebat atau melintas dikondisi jalan banjir, karena ruang
mesin diesel tidak ada komponen elektrikal seperti distributor (Delco) atau
kabel busi
6.Tidak ada batasan antara tekanan
bahan bakar dan udara. Semakin tinggi kompresi mesin diesel maka tenaganya,
malah makin bertambah dan sistem kerja mesin semakin efisien
7.Mesin diesel sudah terkenal bandel,
jarang rusak/rewel. Bila dirawat dengan benar, daya tahannya lebih lama, ini
juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa mesin diesel umumnya digunakan
pada armada transportasi seperti truk atau kontainer besar
Ø Kelemahan
mesin diesel:
1.Kelemahan yang paling menonjol
adalah suara mesin yang berisik, terdengar sampai ruang kabin
2.Jika injektor pada mesin diesel
tercampur dengan air atau jenis partikel lainnya akan mudah bermasalah. karena
delivery valve dibagian injection pump jika terkena air menyebabkan komponennya
jadi tersumbat (mengendap alias berkarat). Dan biaya perbaikannya maupun suku
cadangnya pun relatif mahal
3.Lambat saat berakselerasi. Namun
sekarang sudah diterapkan sistem turbocharger atau supercharger untuk
memperoleh tenaga yang spontan
4.Beban pajak mobil yang bermesin
diesel lebih tinggi, karena kebanyakan mobil diesel ber CC besar. Rata-rata
berkapasitas 2000 CC keatas
5.Tingkat pencemaran udara yang keluar
dari sisa pembakaran tinggi
6.Harga mobil baru lebih mahal
daripada mesin bensin untuk tipe yang sama
b.Keunggulan
dan Kekurangan Mesin Bensin
Ø Kelebihan
Mesin Bensin :
1.Mesin lebih responsif untuk
berakselerasi
2.Suara mesin halus
3.Tingkat polusi/pencemaran udara
lebih rendah
4.Spesifikasi teknis mesin mudah
dipahami. Mesin dan bagian komponen mesin yang rusak dapat diketahui gejalanya.
Dari sisi perawatan berkala pun jauh lebih mudah dan murah
5.Pilihan mobil berbahan bakar bensin
relatif banyak
Ø Kelemahan
Mesin Bensin
1.Untuk beberapa tipe mobil tertentu,
misal produk eropa atau beberapa produk jepang, mengharuskan menggunakan bahan
bakar beroktan tinggi, diatas 91. Sebab, jika memakai dibawah 91, akan
mengalami gejala knocking (mengetuk) dari mesin yang berdampak pada performa
mesin yang menurun
2.Biasanya torsi maksimal dapat
diperoleh pada tingkat putaran mesin tinggi
3.Sifat bahan bakar bensin lebih mudah
terbakar, ini akan berbahaya jika terdapat kebocoran pada selang bensin, tangki
bahan bakar atau karburator.
4.Memiliki spesifikasi komponen yang
cukup rumit. Misalnya dengan mengadopsi teknologi VTEC (sistem pengaturan
katup) seperti yang terdapat di Honda. Selain itu beberapa komponen juga butuh
perawatan, misalnya busi yang harus diganti tiap usia pemakaian tertentu
5.Mesin bensin lebih rentan terhadap
air atau banjir, karena banyakannya komponen kelistrikan seperti platina,
distributor, busi, atau pada kendaraan yang sudah memakai Engine Control Unit
(ECU) juga rentan terhadap siraman air. Karena faktor tersebut, mesin bensin dianggap
kurang memiliki ketahanan terhadap water hammer daripada mesin diesel.
6.Harga jual kembali lebih murah
daripada mesin diesel
KESIMPULAN
1. Setiap
masing-masing mesin memiliki keunggulan dan kelebihan baik mesin diesel maupun
mesin bensin.
2. Penentuan
penggunaan atau kepemilikan kendaraan baiknya disesuaikan dengan kebutuhan
individu, untuk menentukan penggunaan mesin diesel maupun mesin bensin.
3. Perhatiakan juga
aspek ekonomi jangka panjang dalam pembelian atau kepemilikan kendaraan, agar
tidak terjadi kerugian dikemudaian hari.
0 komentar:
Posting Komentar