Minggu, 30 November 2014

Sukses Quis Mata Kuliah Kapal Perikanan

Sukses Quis Mata Kuliah Kapal

A.   Perakitan Kapal
1.    Pemesanan bahan > Plat
2.    Plat di cek nomernya > sesuai dengan kuintansi
Ø Dipotong kecil sebagai sempel untuk pengujian
Ø Bagian yang karat dan kotor di sunggrass dengan pasir kuarsa

B.    Preparation
1.    Marking                             : Gamabar pola dengan kapur
2.    Forming                             : Dicocokan pas atau tidaknya
3.    Cutting                               : Pemotongan plat manual atau mesin
                                               ( pemotongan didalam air menjadikan tepi potongan lebih halus)
4.    Scanning                           : Dengan mesin

C.    Proses pembuatan kapal
1.    Sub-Assembly                : Potongan-potongan disambung (plat disambung)
2.    Assembly                          : Beberapa potongan disambung menjadi bagian Combiration of panel
3.    Fabrication                       : Combiration of assembly blok/unit
                                               Unit = Kapal utuh satu-satu
                                               Blok = Perbagian
4.    Erection                             : Digabung menjadi utuh / total
5.    Basin/ Afloat                   : Melengkapi bagian listrik, kursi, saluran dll
6.    Block                                   : Kelebihan dan kekurangannya
                                               (+) Kelebihannya:
Ø Sistem lebih cepat karena perbagian
Ø Dapat dikerjakan bersamaan
Ø Bagian dalam bisa disusun terlebih dahulu
(-) Kekurangannya:
Ø Bagian tergeser atau ukuran lebih kecil atau tidak pas harus dibongkar
Ø Material handling atau pengangkut material harus banyak untuk mengangkut setiap bagian
7.    Unit                            : Kelebihan dan kekurangannya
                                               (+) Kelebihannya:
Ø Tidak perlu menghitung presisi
Ø Plat yang kurang bisa diganti plat darat/mobil
 (-) Kekurangannya:
Ø Lebih lama ( proses menunggu perbagian)
Ø Saling menunggu untuk pemasangan
Ø Investasi lebih besar

. 

D.   Docking
1)    Graving Dock
Ø bentuknya hamper sama dengan kolam renang, terdapat pintu air
Ø Memberi info sebelum kapal docking (menyusun keel)
Ø Melakukan laporan 1-2 hari sebelum kapal akan docking tambat labuh
Ø Menyusun keel box
2)    Floating Dock
Ø Kapal diatas kapal atau dock berupa kapal tongkang kosong
Ø Terdapat tangki air atau tong
Ø Kapal bawah ditenggelamkan terlebih dahulu
3)    Dock Tarik (Ship Way)
Ø Kapal ditarik
Ø Tergantung pasang surut
Ø Mendudukan kapal diatas kereta yang disebut trolley
Ø Menarik Kapal dari permukaan air dengan mesin derek
4)    Dock Angkat (Syncro Lift Dry Dock)
Ø Kapal diangkat lift dan diletakkan sesuai lahan
Ø Tidak terpengaruh air
v Alas : Tunggal dan Ganda
>20 m = Alas Ganda (Double)
>20 m = Alas Tunggal (Single)
v Kulit : Singel skin, - 2,3 dan 4 (Kapal Tongkang)
ü  Kapal lapisan 4 untuk kapal pertamina agar minyak tidak bocor saat lapisan terluar robek
ü  Kapal Ikan/biasa bentuk kulitnya single
v Ruang Mesin : Sekat mesin dan sekat muatan
                             Untuk Kapal besar ada 2 lantai, karena ada mesin bantu dan pipa saluran
v Sistem dipelabuhan—Semakin berat kapal maka akan dilebih dahulukan lewat
v Bagian Kapal                          : Kiri                    : Port
                               Kanan              : Starboard
                               Buritan            : Sterm
                               Haluan             : Bow
v Bagian Samping                    : Curuk buritan – kamar mesin – kargo 1-2-3-Ceruk haluan
v Lunas (Bagian Bawah)
ü  Kapal Ikan                     : Lebih terlihat keluar/menonjol
ü  Kapal Biasa                    : Flat/datar
v Sekat
ü  Kedap
ü  Ringan,berlubang
ü  Terbuka
v Gading (Bagian Depan)
                             Sebagai Penguat kapal – Besar : Bentuk T (Mt)- Kecil L (Wt)

v Rumus:
P x l = Luas
Luas x Tebal = Volume
P(ro’)Baja x Volume = Massa
Total Massa x Gravitasi = Berat


0 komentar:

Copyright © 2012 Hendra Wiguna All Right Reserved
Shared by Themes24x7