Rabu, 30 April 2014

PERBEDAAN MESIN DIESEL & MESIN BENSIN SERTA KEUNGGULAN & KEKURANGANNYA

MESIN KAPAL PERIKANAN
“PERBEDAAN MESIN DIESEL & MESIN BENSIN SERTA KEUNGGULAN & KEKURANGANNYA”




Disusun oleh :
Hendra Wiguna
26010312120003






FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2014

BAB I
PENDAHULUAN



A.    Latar Belakang
                  Secara garis besar, jenis mesin pada kendaraan dibedakan menjadi dua yakni mesin diesel dan mesin bensin. Meskipun pada dasarnya, baik mesin diesel maupun mesin bensin adalah sama yakni sama-sama merupakan penggerak pada sebuah kendaraan, tapi tetap saja ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing mesin kendaraan tersebut. Hal tersebut kadang membuat kita bimbang dan ragu untuk mengambil keputusan memilih kendaraan berbahan bakar bensin atau mesin berbahan bakar solar (diesel), cukup sulit memang. Mungkin kita semua sudah tahu bahwa jenis mesin yang dipakai pada mobil umumnya ada yang disebut dengan mesin diesel dan ada yang disebut menggunakan mesin bensin. Lalu apa sih yang menjadi dasar perbedaan dari kedua mesin tersebut selain dari jenis bahan bakar yang dipergunakan??? Mungkin agar pemilik kendaraan lebih akrab dengan kendaraan yang pergunakannya setiap hari.


B.     Rumusan Masalah
      1.      Mengetahui Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
      2.      Mengetahui Sistem kerja Mesin Diesel dan Mesin Bensin
      3.      Mengetahui Keunggulan dan Kekurangan dari Mesin Diesel dan Mesin Bensin

BAB II
ISI MATERI


A. Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
                  Secara teori, mesin diesel dan mesin bensin sebenarnya mirip. Semuanya menggunakan sistem pembakaran dalam (Internal Combustion Engine), yang pada dasarnya dirancang untuk mengubah energi kimia pada bahan bakar untuk menjadi energi mekanik.Serkedar tahu saja, ada juga lho sistem pembakaran luar (External Combustion Engine), contohnya pada mesin uap. Energi mekanik dihasilkan oleh pergerakan piston yang naik dan turun di dalam silinder. Piston ini terhubung ke poros engkol(crankshaft),  gerakan naik-turun dari piston, yang dikenal sebagai gerakan linier akan menciptakan gerakan berputar sebagai tenaga kendaraan. Kedua jenis mesin yaitu mesin diesel dan mesin bahan bakar bensin menghasilkan energi melalui serangkaian ledakan kecil atau pembakaran (combustions).
                  Perbedaan utama antara diesel dan bensin adalah cara bagaimana ledakan ini bisa terjadi. Dalam mesin bensin, bahan bakar dicampur dengan udara, dikompresi oleh piston dan dinyalakan oleh percikan api dari busi. Bedanya pada mesin diesel, udara dikompresi terlebih dahulu, dan kemudian bahan bakar dimasukkan dengan cara diinjeksikan kedalam ruang bakar. Karena udara memanas ketika terjadi kompresi, maka bahan bakar akan terbakar.Mesin diesel tidak mempergunakan busi untuk membakar bahan bakar, melainkan bahan bakar terbakar karena suhu dan tekanan yang sangat tinggi.Pada mesin diesel, bahan bakar ini dipompa menggunakan pompa khusus bertekanan tinggi kedalam ruang bakar secara langsung oleh injektor.
                  Sedagkan sistem mesin bensin yang mempergunakan injeksi, atau bahasa tekniknya Electronic Fuel Injection(EFI)??? Sistemnya hamper mirip, namun bedanya sangat jauh sekali. Pada intinya, injektor EFI tidak menghasilkan tekanan injeksi bahan bakar yang sangat tinggi seperti pada injektor solar diesel.Dan pada EFI, bahan bakar bensin tidak diinjeksikan secara langsung kedalam ruang bakar.EFI hanya dipakai mesin berbahan bakar bensin, dimana bahan bakar masih tetap dibakar oleh percikan api busi.
                  Motor diesel dan motor bensin mempunyai beberapa perbedaan utama, bila ditinjau dari beberapa item di bawah ini, yaitu (lihat Tabel 1)
Description: 1.Tabel_1

B.     Sistem Kerja Mesin Diesel dan Mesin Bensin
1.      Motor Diesel
                        Udara yang terhisap ke dalam ruang bakar dikompresi sehingga mencapai tekanan dan temperatur yang tinggi. Bahan bakar ( fuel ) diinjeksikan dan dikabutkan ke dalam ruang bakar. Sehingga terjadi pembakaran sesaat setelah terjadi pencampuran dengan udara.
Description: image
Gambar 1. Motor Diesel
2.      Motor Bensin
            Udara dan bahan bakar yang tercampur didalam carburator, terhisap ke dalam ruang bakar dan dikompresikan hingga mencapai tekanan dan temperatur tertentu. Pada akhir langkah kompresi, busi memercikan api sehingga terjadi pembakaran.

Description: Prinsip kerja motor bensin
Gambar 2. Motor Bensin


C.    Keunggulan dan Kekurangan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
a. Keunggulan dan Kekurangan Mesin Diesel
Ø  Keunggulan mesin diesel :
1.Konsumsi bahan bakar lebih efisien
2.Secara umum mesin diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan berguna untuk pengendara saat dimedan OFF ROAD. Bahkan kebutuhan torsi menjadi penting ketika kita akan menarik kendaraan dijalan yang rusak atau di jalan non aspal
3.Bahan bakar mudah diperoleh dengan mudah, baik di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum  (SPBU) dalam kota maupun luar kota
4.Sifat solar atau bahan bakar mesin diesel tidak terlalu berbahaya karena tidak mudah terbakar jika tersulut percikan api
5.Tidak gentar berkendara dibawah siraman air hujan lebat atau melintas dikondisi jalan banjir, karena ruang mesin diesel tidak ada komponen elektrikal seperti distributor (Delco) atau kabel busi
6.Tidak ada batasan antara tekanan bahan bakar dan udara. Semakin tinggi kompresi mesin diesel maka tenaganya, malah makin bertambah dan sistem kerja mesin semakin efisien
7.Mesin diesel sudah terkenal bandel, jarang rusak/rewel. Bila dirawat dengan benar, daya tahannya lebih lama, ini juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa mesin diesel umumnya digunakan pada armada transportasi seperti truk atau kontainer besar
Ø  Kelemahan mesin diesel:
1.Kelemahan yang paling menonjol adalah suara mesin yang berisik, terdengar sampai ruang kabin
2.Jika injektor pada mesin diesel tercampur dengan air atau jenis partikel lainnya akan mudah bermasalah. karena delivery valve dibagian injection pump jika terkena air menyebabkan komponennya jadi tersumbat (mengendap alias berkarat). Dan biaya perbaikannya maupun suku cadangnya pun relatif mahal
3.Lambat saat berakselerasi. Namun sekarang sudah diterapkan sistem turbocharger atau supercharger untuk memperoleh tenaga yang spontan
4.Beban pajak mobil yang bermesin diesel lebih tinggi, karena kebanyakan mobil diesel ber CC besar. Rata-rata berkapasitas 2000 CC keatas
5.Tingkat pencemaran udara yang keluar dari sisa pembakaran tinggi
6.Harga mobil baru lebih mahal daripada mesin bensin untuk tipe yang sama

b.Keunggulan dan Kekurangan Mesin Bensin
Ø  Kelebihan Mesin Bensin :
1.Mesin lebih responsif untuk berakselerasi
2.Suara mesin halus
3.Tingkat polusi/pencemaran udara lebih rendah
4.Spesifikasi teknis mesin mudah dipahami. Mesin dan bagian komponen mesin yang rusak dapat diketahui gejalanya. Dari sisi perawatan berkala pun jauh lebih mudah dan murah
5.Pilihan mobil berbahan bakar bensin relatif banyak
Ø  Kelemahan Mesin Bensin
1.Untuk beberapa tipe mobil tertentu, misal produk eropa atau beberapa produk jepang, mengharuskan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, diatas 91. Sebab, jika memakai dibawah 91, akan mengalami gejala knocking (mengetuk) dari mesin yang berdampak pada performa mesin yang menurun
2.Biasanya torsi maksimal dapat diperoleh pada tingkat putaran mesin tinggi
3.Sifat bahan bakar bensin lebih mudah terbakar, ini akan berbahaya jika terdapat kebocoran pada selang bensin, tangki bahan bakar atau karburator.
4.Memiliki spesifikasi komponen yang cukup rumit. Misalnya dengan mengadopsi teknologi VTEC (sistem pengaturan katup) seperti yang terdapat di Honda. Selain itu beberapa komponen juga butuh perawatan, misalnya busi yang harus diganti tiap usia pemakaian tertentu
5.Mesin bensin lebih rentan terhadap air atau banjir, karena banyakannya komponen kelistrikan seperti platina, distributor, busi, atau pada kendaraan yang sudah memakai Engine Control Unit (ECU) juga rentan terhadap siraman air. Karena faktor tersebut, mesin bensin dianggap kurang memiliki ketahanan terhadap water hammer daripada mesin diesel.
6.Harga jual kembali lebih murah daripada mesin diesel


KESIMPULAN


1. Setiap masing-masing mesin memiliki keunggulan dan kelebihan baik mesin diesel maupun mesin bensin.
2. Penentuan penggunaan atau kepemilikan kendaraan baiknya disesuaikan dengan kebutuhan individu, untuk menentukan penggunaan mesin diesel maupun mesin bensin.
3. Perhatiakan juga aspek ekonomi jangka panjang dalam pembelian atau kepemilikan kendaraan, agar tidak terjadi kerugian dikemudaian hari.




0 komentar:

Copyright © 2012 Hendra Wiguna All Right Reserved
Shared by Themes24x7